Jual Membran Ro Surabaya - Jual Membran Ro Bandung

Jual Membran Ro Surabaya - Jual Membran Ro Bandung

PENURUNAN KINERJA PADA REVERSE OSMOSIS
Membrane Reverse Osmosis (RO) memiliki ukuran pori yang sangat kecil , sekitar 1/1000 mikron. Akibatnya, membrane ini sangat rentan mengalami buntu/ tersumbat. Kebuntuan pada membrane Reverse Osmosis ini dikenal dengan Membrane Fouling atau scaling. Sebenarnya istilah fouling atau scaling, merujuk kepada penyebab terjadinya kebuntuan. Tetapi kita tidak akan membahasnya terlalu jauh di sini. Yang akan kita bahas disini adalah, bagaimana tanda ? tanda terjadinya kebuntuan pada membrane Reverse Osmosis. Proses terjadinya buntu pada membrane RO, tidak terjadi dalam waktu singkat. Biasanya kebuntuan terjadi secara bertahap, sampai akhirnya menyebabkan kebuntuan total. Untuk itu, perlu dikenali tanda ? tanda awal terjadinya kebuntuan, sebelum mencapai titik klimaks dan membrane terpaksa harus diganti. Berikut ini adalah parameter utama yang harus selalu dimonitor :
Permeate Flow
Indikator paling mudah adalah dengan melihat permeate flow. Apakah terjadi penurunan yang sifatnya tetap di permeate flowrate ? Secara umum permeate flow memang naik ? turun mengikuti temperatur air. Pada temperatur tinggi, permeate flow cendrung tinggi dan sebaliknya. Oleh sebab itu, pastikan anda selalu mengukur suhu air pada saat akan memonitor permeate flow. Jika pada temperatur yang sama (misalnya 25 derajat celcius), permeate flow mengalami penurunan, maka indikasi buntu sudah mulai terjadi.
Salt Passages
Parameter ini menggambarkan berapa % ion yang lolos ke permeate. Untuk  mengukur parameter ini diperlukan sedikit perhitungan dan kesabaran. Saya akan  menjelaskan pada artikel selanjutnya tentang teknik pengukurannya. Tetapi prinsipnya, jika % salt passage naik, maka membrane telah mengalami kebuntuan. Jika kenaikan telah mencapai 25%, maka kebuntuan tidak mungkin diperbaiki lagi. Artinya anda harus beli membrane baru. dan, membrane Manufaktur sangat suka dengan hal ini.

Pressure Drop
Pressure drop adalah selisih tekanan antara feed pressure dengan Concentrate pressure. Jika feed pressure adalah 9 bar, dan concentrate pressure 8,5 bar, artinya pressure drop adalah 0,5 bar. Secara umum, pressure drop diatas 1,5 bar harus sudah diwaspadai sebagai indikator membrane fouling.


Untuk info dan pemesanan hubungi :

022-7239019
0821 4000 2080
0856 2476 9005
0857 2352 9677
0813 2259 9149
Pin BB: 29d2de88 
              32dbbfbo

e-Mail:
adywater@gmail.com

Kantor : 

Surabaya :
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo  ( Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo ) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo ( Telp : 081330447814 )

Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT: 01 Rw: 08 Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah. Jakarta Barat Kode Pos: 11480

Bandung:
Jalan Mande Raya Bo 26, Cikadut, Cicaheum Kota Bandung